Suzuki IndonesiaBicara Suzuki, sebetulnya tidak bisa hanya bicara mobil karena mereka juga memproduksi sepeda motor dan mesin untuk keperluan maritim. Tapi kalau membahas mobil Suzuki, rasanya tidak perlu diragukan, ada banyak produk legendaris di sini.
Di Indonesia, kiprah Suzuki dimulai dari merakit dan menjual motor pada tahun 1969. Saat itu nama perusahaannya PT Indohero Steel & Engineering Company (ISEI). Lokasi pusat perakitan berada di Cakung. Perakitan mobil pertama kali dilakukan pada 1975 oleh PT Indomobil Utama di Pulogadung, Jakarta. Mobil pertamanya adalah Suzuki ST10 pick up dan hatchback Fronte. Keduanya bermesin dua tak.
Tahun 1977 pusat perakitan ini menggelontorkan Jimny LJ80 alias Jimny Jangkrik. Bersama dengan itu, mereka juga mulai merakit pikap legendaris Suzuki ST20. Di beberapa daerah dikenal sebagai Suzuki Truntung karena bunyi khas mesin dua tak yang diusungnya. Pasar yang terus berkembang, membuat Suzuki harus mengembangkan pabrik. Tidak hanya pasar lokal, di bawah bendera Suzuki Indomobil Sales, mereka juga merambah pasar luar negeri dengan mengekspor beberapa produk ke negara kawasan ASEAN.
Seperti disebutkan tadi, dari merek ini banyak bermunculan mobil-mobil yang sulit untuk dilupakan. Ada SUV Jimny SJ410 yang tangguh, Vitara, Escudo, Aerio, Karimun, hatchback Suzuki Forsa, Amenity, sedan Esteem. Sekarang, meski model yang dipasarkan terbatas, tapi tetap menarik dengan beragam varian yang tersedia. Ada Ertiga, XL7, Carry, Ignis, Baleno hatchback. Di luar Carry, Suzuki memanfaatkan platform HEARTEC yang handal dan menjadikan mobil-mobil mereka memiliki handling yang mumpuni.
Selain itu, satu model khusus yang cukup kontroversial dan sulit didapat adalah Suzuki Jimny. Harganya yang mahal dan stok yang sangat terbatas ditambah nilai historis, menjadikan Jimny baru sebagai barang incaran kolektor ataupun penyuka off road.
Di samping kualitas produk dan harga jual kompetitif, jaringan dealer dan layanan purna jual Suzuki juga mudah ditemukan di kota besar maupun pelosok. Maklum, dengan memasarkan kendaraan komersial seperti Suzuki Carry, mereka wajib punya jaringan di daerah yang terpencil untuk memudahkan pelanggannya.